Wajib Baca! inilah Alasan Guru bersertifikasi harus mendaftar PPG 2018


Pada saat ini sedang ramai membicarakan tentang program PPG yang baru saja digulirkan secara umum. Pada tahun-tahun sebelumnya program Pendidikan Profesi Guru atau disingkat PPG hanya diperuntukan untuk para peserta SM3T. Namun mulai tahun 2017 Pemerintah membuka program PPG untuk umum. Program ini juga di bagi menjadi dua yaitu PPG Pra jabatan dan PPG dalam Jabatan.

PPG Pra Jabatan merupakan program pemerintah yang memberikan kesempatan untuk mengikuti PPG secara gratis bagi yang belum mengabdi atau mengajar. Keuntungan dari PPG ini adalah peserta hanya mengeluarkan biaya hidup selama pendidikan. Karena semua biaya pendidikan ditanggung pemerintah. Kelemahan dari program ini adalah para peserta harus menjalani program PPG selama 1 tahun penuh.


Kedua adalah program PPG dalam Jabatan, Program ini diperuntukan untuk para guru yang sudah mengabdi di sekolah baik swasta maupun negeri. Program ini merupakan suatu bentuk nyata pemerintah yang akan memberlakukan peraturan guru yang mengajar di sekolah wajib memiliki sertifikat PPG. 

Lalu apa hubungannya dengan guru-guru yang sudah bersertifikasi baik melalui jalur portofolio maupun PLPG? Hubungannya adalah program pretest PPG juga sekaligus untuk melakukan monitoring linieritas para guru. Jadi sangat penting para guru untuk mendaftar pretest PPG atau melakukan verval PPG. 


Jika kita ingat kembali, pemerintah pernah mewacanakan semua guru yang tidak linier akan dilarang untuk mengajar, atau jam mengajarnya tidak akan diakui. Jika jam mengajar mereka tidak diakui maka sudah pasti tunjangan sertifikasi tidak akan keluar...wah bahaya yah? itulah mengapa verval jurusan para guru ini sangat penting. 

dan bagi guru yang belum linier khususnya yang mengajar di SD. ada baiknya mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti kuliah BI di UT. sehingga sertifikasi mereka tidak akan hilang.

0 Response to "Wajib Baca! inilah Alasan Guru bersertifikasi harus mendaftar PPG 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

LINK

DISPLAY

Iklan Bawah Artikel