Cara mengatasi NISN yang ganda atau berganti

NISN Ganda

NISN ganda atau berganti dapat terjadi karena berbagai penyebab. Banyak kejadian siswa sekolah Dasar yang setelah kelas 9 SMP, mereka kaget karena tiba-tiba NISN mereka yang tertera pada ijazah tidak sesuai dengan yang ada di database kemdikbud. seperti pengalaman yang saya alami ada beberapa alumni saya yang mengadu ke sekolah saya, kalau NISN mereka berubah sehingga pihak SMP kesulitan untuk memasukan data mereka pada data calon peserta ujian nasional.

setelah ditelusuri ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan NISN alumni kami berubah,. Salah satunya disebabkan karena operator SMP memasukan data siswa tersebut secara manual. sehingga database pada vervalpd akan membuatkan NISN baru pada siswa tersebut. Sebenarnya hal ini tidak murni kesalahan operator SMP. Operator SMP memasukan data siswa secara manual karena pengentrian data siswa baru dibatasi waktu yang sedikit. padahal jika data siswa belum dimasukan ke aplikasi dapodik sekolah maka sekolah tersebut tidak akan memperoleh dana BOS untuk siswa tersebut. selain itu pengentrian siswa baru juga menyangkut tunjangan profesi yang dimiliki para guru di SMP tersebut. karena pada saat ini guru yang tidak memiliki jumlah minimal siswa per rombelnya, maka tunjangan profesinya tidak akan turun. Sehingga tidak semestinya kita hanya menyalahkan pihak SMP.

Kemungkinan yang kedua adalah karena adanya pembaharuan sistem pada vervalpd. Sehingga secara otomatis ada beberapa siswa yang mengalami perubahan NISN. Lalu bagaimana kita mengatasi masalah seperti itu?

sesuai dengan pengalaman saya, dari pihak SD cukup mengeluarkan surat pengantar ke pihak SMP dan Dinas Kota atau kabupaten yang menerangkan bahwa NISN siswa tersebut memakai NISN yang lama. karena jika siswa tersebut menggunakan NISN baru maka ijazah SD yang dia miliki harus diganti atau tidak berguna. Demikian beberapa pengalaman saya. semoga dapat bermanfaat

0 Response to "Cara mengatasi NISN yang ganda atau berganti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

LINK

DISPLAY

Iklan Bawah Artikel