Penyebab komputer anda lemot.


Komputer atau laptop kita yang tiba-tiba menjadi lemot merupakan salah satu masalah bagi kita. apalagi jika laptop atau komputer kita sedang dibutuhkan untuk menyelesaikan kerjaan yang dikejar deadline. Wah rasanya itu kaya pengen makan orang aja, tapi sabar dulu gan karena semua masalah pasti ada solusinya. Seperti semua penyakit yang ada di dunia pasti ada obatnya. Sebelum kita membahas solusi yang dapat kita lakukan, sangat baik jika kita tahu penyebab komputer atau laptop kita menjadi lemot. Seperti peribahasa tidak akan ada asap jika tidak ada api.

Terus apa penyebab komputer kita menjadi lemot?
Banyak penyebab komputer atau laptop kita menjadi lemot. Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah karena banyaknya file sampah atau junk file yang masih menempel di laptop kita.

Apa itu junk file?
penyebab komputer lemot


Junk file merupakan file sampah atau sisa aplikasi yang ikut terbawa saat kita menginstal atau mencopot aplikasi di komputer atau laptop kita. Jadi semakin sering kita memasang suatu aplikasi pada laptop atau komputer kita, maka akan semakin banyak file sampah yang menempel di laptop kita. Begitu juga jika kita sering mencopot aplikasi yang terpasang pada laptop atau komputer kita maka file sampah akan semakin menumpuk dan menyebabkan komputer atau laptop kita semakin lemot. Jadi tidak mungkin suatu komputer tidak memiliki junk file, yang harus kita lakukan adalah mengurangi junk file yang ada di laptop kita.

Bagaimana caranya kita mengurangi junk file di laptop kita?
Junk file atau file sampah yang ada di laptop kita dapat kita bersihkan dengan aplikasi pembersih. Banyak aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk membantu kita untuk membersihkan file sampah yang menempel di laptop atau komputer kita. Alangkah baiknya jika kita mencoba satu persatu aplikasi pembersih tersebut karena hal ini akan membuat kita tahu aplikasi mana yang paling cocok untuk laptop atau komputer kita. karena terkadang ada aplikasi yang terlalu berat untuk dijalankan pada suatu komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi sedang. Selain membersihkan file sampah yang ada di laptop, kita juga harus melakukan beberapa hal lain supaya kita mendapatkan laptop yang bekerja secara optimal.

Hal lain apa yang harus kita lakukan untuk mengoptimalkan laptop kita?
Beberapa hal lain yang harus dilakukan setelah kita membersihkan file sampah di laptop kita antara lain melakukan defragment registry, optimize system startup and shutdown, dan Defragment hardisk.

Defragment Registry
Tujuan Defragment registry adalah untuk memperkecil ukuran registry yang merupakan database central windows, memperbaiki structural, key registry yang error dan meningkatkan boot time delay, sehingga performa komputer akan jauh lebih baik dari sebelum di defragment.

Optimize System Startup and Shutdown
Mengoptimalkan startup merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan performa laptop atau komputer kita. langkah – langkah yang harus kita lakukan untuk mengoptimalkan startup adalah dengan mengatur aplikasi-aplikasi yang langsung berjalan ketika pertama kali laptop atau komputer kita menyala. Sehingga akan sangat memberatkan komputer atau laptop kita jika banyak aplikasi – aplikasi yang langsung menyala ketika kita pertama kali menyalakan komputer. Pada umumnya ketika kita pertama kali menyalakan komputer aplikasi-aplikasi yang langsung berjalan adalah display, keyboard, screen resolution, antivirus, printer yang terinstal, aplikasi touchpad dan aplikasi sistem lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut dikelompokkan menjadi dua, aplikasi Optional dan aplikasi necessary. Aplikasi Optional merupakan aplikasi pilihan yang boleh dimatikan sementara dan tidak akan mengganggu performa komputer kita. Aplikasi necessary merupakan aplikasi yang harus berjalan dari awal komputer dihidupkan.

Defragment Harddisk


Defragment Harddisk merupakan proses penataan kembali pada harddisk kita yang mengalami perubahan letak. Perubahan letak ini disebabkan karena ada cache yang masuk ke harddisk kita ketika kita memindahkan file. Cache ini berguna untuk mempercepat pemindahan file namun jika tidak ditata kembali akan menyebabkan komputer kita menjadi lemot.

0 Response to "Penyebab komputer anda lemot."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

LINK

DISPLAY

Iklan Bawah Artikel