Cara menginput data PTK di dapodik



Sesuai dengan peraturan pemerintah segala hal yang berkaitan dengan data-data pendidikan harus terintegrasi dengan aplikasi Dapodik. Aplikasi dapodik dalam perkembangannya selalu mengalami perubahan dan peningkatan demi mendapatkan data yang berkualitas.

Salah satu data yang harus diperhatikan adalah data PTK. Apalagi bagi PTK yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi, aplikasi dapodik ini menjadi faktor penentu mereka mendapatkan tunjangan profesi atau tidak. Karena jika tidak benar dalam pengisian data PTK akan mengakibatkan hilangnya tunjangan fungsional guru tersebut.

Lalu apa gunanya aplikasi dapodik bagi guru yang belum mendapatkan sertifikasi?
Jawabnya adalah sangat penting! karena dengan aplikasi dapodik ini seorang guru dapat terdaftar sebagai PTK aktif sebagai syarat mengikuti PPG atau PLPG. Banyak terjadi seorang PTK kehilangan kesempatan mengikuti PPG karena kesalahan dalam penginputan data  pada aplikasi DAPODIK.

Siapa yang harus disalahkan jika ada kesalahan input?
Kita sendiri sebagai PTK karena tidak memperdulikan kebenaran data kita. Kita seringkali menyerahkan data kepada operator untuk mengurus semua. Padahal seorang operator adalah manusia biasa. Dia juga terkadang salah input karena terlalu capek mengurusi data-data sekolah yang sekarang ini harus diupload secara online.

Lalu apa yang harus kita lakukan?
Datangi operator anda, ajak bicara baik-baik, sampaikan padanya kalau ada kesalahan data Anda pada penginputannya di aplikasi dapodik. Lalu anda dampingi operator untuk memastikan semua data terisi dengan benar.

Data apa saja yang perlu diperhatikan?
Semua data yang diminta pada formulir harus diisi dengan benar. berikut ini akan saya coba jelaskan cara mengisinya.
Pada gambar di atas dapat anda lihat ada 2 kolom yaitu EDIT PTK dan DATA RINCIAN PTK
Pada kolom edit ptk anda akan diminta untuk mengisi biodata anda, seperti tempat tanggal lahir, alamat, status pernikahan, agama dan lain-lain. Jika anda scroll ke bawah terus anda akan menemukan kolom tentang KEPEGAWAIAN.

Pada kolom ini anda harus berhati-hati karena data yang anda inputkan sangat menentukan nasib anda. Pastikan semua terisi dengan benar. Sebagai contoh anda adalah guru yang bekerja di sekolah Swasta maka isilah status kepegawaian dengan GTY atau anda seorang guru honor yang memiliki SK kepala daerah. Maka isilah dengan Honor Daerah.

Dan untuk Data Rinci PTK anda isi sesuai kolom yang diminta
seperti kolom riwayat sertifikasi: isilah jika anda telah memiliki sertifikat pendidik tapi jika tidak maka kosongi saja
Riwayat pendidikan formal : isilah riwayat pendidikan anda. paling tidak pendidikan terakhir anda
Komptensi : isilah satu bidang yang anda ajarkan di sekolah anda
dan masih banyak lagi kolom yang perlu anda isi jika anda tarik ke kanan
pada kolom nilai tes : isikan nilai tes UKG anda. jangan lupa harus menyertakan nomor ukg anda. agar nilai tersebut dapat singkron dengan SIM PKB.
Demikian sedikit penjelasan tentang cara penginputan data PTK semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara menginput data PTK di dapodik "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

LINK

DISPLAY

Iklan Bawah Artikel